Perkunjungan Sekjen GKPM Beserta Pengurus Yayasan Pendidikan GKPM Ke Sinode GBKP

18
Nov

Tanggal 11-12 Nopember 2022, Dalam rangka studi banding ke Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) GBKP, Sekjen GKPM Pdt. Immerius Sakrebau beserta dengan Pengurus Yayasan Pendidikan GKPM Pdt. Tumpal Sagurung, Pdt. Nikanor Saguruk dan seorang guru sekolah SMP yang dikelola oleh Sinode GKPM Bpk. Rahab Sababalat, melakukan perkunjungan ke GBKP. Perkunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan solidaritas pimpinan gereja-gereja anggota UEM ke Mentawai beberapa bulan lalu, dimana UEM berupaya untuk memfasilitasi kemungkinan Kerjasama antar gereja anggota UEM.

Pagi, tanggal 10 Nopember 2022 Rombongan GKPM dan Wakil Sekretaris UEM Asia Pdt. Petrus Sugito disambut Moderamen GBKP di kantor Moderamen GBKP Kabanjahe dengan diawali Sarapan pagi Bersama dan setelah itu dilanjutkan dengan acara perkenalan, diskusi dan sharing tentang kemungkinan proyek-proyek Kerjasama yang bisa dilakukan antara GBKP dengan GKPM kedepannya, terutama dalam hal Pendidikan dan peningkatan ekonomi jemaat. Setelah itu dilakukan perkunjungan ke Rumah Digital GBKP yang didampingi langsung oleh Ketua Umum Moderamen GBKP, Pdt. Krismas Imanta Barus, M.Th, LM yang menerangkan tentang latar belakang pendirian Rumah Digital GBKP. Utusan Mentawai sangat terkesan dengan konsep pendirian Rumah Digital GBKP dan berharap agar dalam waktu dekat GBKP beserta GKPM dapat menjalin hubungan kemitraan, terutama dalam hal memfasilitasi beberapa orang pemuda dari GKPM untuk dilatih dan diberdayakan dalam hal pengetahuan digital di Rumah Digital GBKP dengan difasilitasi oleh UEM Asia Department. Perkunjungan berikutnya ke YPK GBKP Cabang Simpang Enam Kabanjahe. Dalam perkunjungan ini, Pimpinan YPK Cabang Simpang Enam memaparkan profil sekolah YPK Cabang Simpang Enam yang terdiri dari Sekolah TK, SMP, SMA dan SMK dan diakhir pertemuan Pimpinan YPK Cabang Simpang Enam Kabanjahe berjanji akan mengirim sesuatu yang berguna untuk sekolah yang dikelola oleh GKPM tetapi masih dirahasiakan apa barangnya, yang pasti nilainya kurang lebih 7 juta rupiah.

Kunjungan berikutnya di hari yang sama adalah ke Sekolah Masehi GBKP Berastagi yang sudah berhasil mendapatkan akreditasi A untuk tingkat SMP dan SMA. Utusan GKPM kembali kagum akan keberhasilan sekolah ini, dan tidak percaya Ketika pengurus menyatakan bahwa sebelumnya sekolah Masehi juga pernah terbengkalai dan sana sekali tidak dilirik sebagai alternatif untuk tempat Pendidikan anak-anak anggota jemaat GBKP. Dalam perkunjungan tersebut, utusan GKPM seolah mendapat pencerahan dan inspirasi baru untuk menghidupkan Kembali sekolah tingkat SMP dengan nama Yayasan August Lett yang dimiliki oleh GKPM dan sudah lama terbengkalai.

Pimpinan sekolah Masehi GBKP Berastagi menjamu makan siang utusan GKPM yang didampingi oleh Sekretaris Biro Oikumene Herawaty br Bangun dan Pengurus YPK Pusat di salah satu Rumah Makan BPK di Berastagi. Dalam percakapan selama jamuan makan pun tetap dilakukan percakapan tentang kemungkinan Kerjasama yang bisa dilakukan untuk memajukan sekolah GKPM di Mentawai dan salah satu dari rencana yang akan dilakukan di waktu dekat adalah mengirim 2 orang tenaga guru dari Mentawai untuk melakukan magang/praktek mengajar di Sekolah Masehi Berastagi.

Setelah makan siang diskusi masih berlanjut dan diakhiri dengan kata-kata ucapan terima kasih dan perpisahan dari kedua pihak, dan perjalanan dilanjutkan dengan rekreasi ke Taman Alam Lumbini Berastagi dan refreshing ke Pemandian alam air Panas Raja Berneh.

Keesokan harinya, Jumat 11 Nopember 2022, delegasi GKPM beserta Sekretaris Biro Oikumene Moderamen GBKP berangkat ke Medan untuk mengunjungi STMIK Neumann. Rombongan disambut oleh Wakil Ketua I (Bagian Akademik) dan Ketua Prodi Ibu Berti Sari Br Sembiring, S.Kom., M.Kom, beserta beberapa orang dosen lainnya. Di sini percakapan dan diskusi seputar kemungkinan GKPM akan mengirim beberapa orang pemuda lulusan SMA untuk melanjutkan study khususnya di bidang Teknik Informatika di STMIK Neumann.

Setelah makan siang, rombongan Kembali ke Sukamakmur untuk melihat pertukangan kayu dan sebelumnya menyempatkan waktu untuk jiarah ke makam Almarhum Pdt. Agustinus P. Purba didampingi Nora Pdt. Agustinus P. Purba.

Rombongan dijamu makan malam Bersama di Retoran dan Kolam Renang Galilee Sukamakmur, dan beristirahat di Mess Training Center Yayasan Ate Keleng dan kemudian subuh tanggal 12 Nopember 2022 rombongan diantar ke Bandara Kuala Namu untuk berangkat ke Padang dan pulang ke Mentawai pada keesokan harinya dengan kapal karena harus menunggu cuaca buruk yang menyebabkan perjalanan dari Padang ke Mentawai harus ditunda sehari.

Kiranya perkunjungan ke GBKP dapat memberi wawasan baru serta pencerahan bagi saudara-saudara di Mentawai khususnya GKPM dalam memajukan Pendidikan di Mentawai.

 

Herawaty Br Bangun

Leave a Comment